Skip to main content

Berkutak Katik dengan Animasi? Pahami Prinsip Berikut Ini!

Film Animasi, atau biasa disingkat dengan animasi saja, adalah film yang merupakan hasil dari pengelolaan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di putar sehingga muncul efek yang bergerak. 

Contoh film animasi yang mungkin sudah tidak asing  lagi bagi kita, seperti: Moana, yang diproduksi oleh Amerika. Ada juga Astro Boy dari Jepang, Marsya and The Bear yang di produksi oleh Rusia, dan Keluarga Somat yang tidak lagi asing bagi telinga orang Indonesia. 

Namun, dalam pengerjaan animasi ini perlu dipahami beberapa prinsip-prinsip, misalnya:



Squash and Stretch 
Dalam squash and stretch diberikan upaya dalam penambahan efek lentur pada objek atau figure dari animasi, agar kelihatan seolah-olah memuai, atau menyusut, sehingga efek gerak yang diberikan akan kelihatan lebih hidup. 

Penerapan hal ini terhadap benda hidup seperti manusia dan binatang, akan memberikan penekanan, pemberian efek dinamis terhadap  gerakan maupun aksi tertentu, sedangkan pemberian squash and stretch pada benda mati seperti gelas, meja, botol, akan membuat benda mati tersebut tampak ataupun berlaku seperti benda hidup. 

Staging
Seperti halnya yang kita lihat pada film maupun pertunjukan teater, staging dalam animasi juga sangat diperlukan. Adanya staging ini meliputi lingkungan yang dibuat untuk mendukung suasana atau mood yang ingin dicapai dalam sebagian atau keseluruhan adegan.

Anticipation
Anticipation, antisipasi, dianggap sebagai persiapan gerak atau ancang-ancang. Seseorang yang bangkit dari duduk harus membungkukkan badannya terlebih dahulu sebelum benar-benar berdiri. Pada gerakan memukul, sebelum tangan maju, harus ada gerakan mundur terlebih dahulu, dan sejenisnya. 

Straigh Ahead Action and Pose to Pose
Dalam hal pengerjaan, ada dua cara yang bdapat dilakukan untuk membuat animasi, seperti:

Pertama, Straight Ahead Action, yaitu membuat animasi dengan cara seseorang animator menggambar satu per satu, frame by frame, dari awal sampe selesai seorang diri. Teknik ini memiliki kelebihan: kualitas gambar yang konsisten karena dikerjakan oleh satu orang saja. Tetapi memiliki kekurangan, yaitu memakan waktu yang cukup lama. 

Kedua, Pose to Pose, yaitu pembuatan animasi oleh seorang animator hanya dengan menggunakan frame to frame tertentu saja, selanjutnya in between atau interval antara frame digambar akan dilanjutkan oleh asisten atau animator lain. 

Cara kedua ini lebih cocok diterapkan dalam industry karena memiliki  kelebihan, seperti: waktu pengerjaan yang relative cepat, karena melibatkan lebih banyak sumber daya. 



Timing and Spacing
Timing ini digunakan sebagai pertanda untuk menentukan kapan sebuah gerakan harus dilakukan, sementara spacing sebagai pertanda untuk menentukan percepatan dan perlambatan dari bermacam-macam jenis gerak. 

Slow In and Slow Out
Sama seperti Spacing yang menentukan percepatan dan perlambatan dari sebuah gerakan, slow in dan slow out bertugas untuk menegaskan kembali bahwa setiap gerakan memiliki percepatan dan perlambatan yang berbeda-beda. Slow in terjadi jika sebuah gerakan diawali secara lambat kemudian menjadi cepat. Sementara slow out terjadi jika sebuah gerakan yang relative cepat kemudian melambat. 

Arcs
Dalam animasi, sistem pergerakan tubuh pada manusia, binatang, atau makhluk hidup lainnya bergerak mengikuti pola/jalur yang disebut Arcs. Hal ini memungkinkan mereka bergerak lebih smooth dan lebih realistic, karena pergerakan animasi tersebut mengikuti pola yang berbentuk lengkung, baik itu lingkaran, elips, atau parabola. Pola gerak semacam inilah yang tidak dimiliki oleh sistem pergerakan mekanik/robot yang cenderung patah-patah.

Follow Through and Overlapping Action
Follow Through adalah tentang bagian tubuh tertentu yang tetap bergerak meskipun seseorang telah berhenti. Misalnya, rambut yang tetap bergerak  sesaat setelah berhenti berlari. Sementara Overlapping Action  dianggap sebagai gerakan saling-saling. Maksunya, serangkaian gerakan yang saling mendahului. Pergerakan tangan dan kaki ketika berjalan bisa termasuk didalamnya.

Exaggeration
Exaggeration adalah upaya untuk mendramatisir sebuah animasi dalam bentuk rekayasa gambar yang bersifat hiperbolis, atau anak jaman sekarang bilang “lebay, atau berlebihan”. Hal ini dibuat untuk menampilkan ekstremitas ekspresi tertentu, dan lazimnya dibuat secara komedik. Dapat dijumpai pada film Tom and Jerry, Donald Duck, Doraemon, dan banyak lainnya. 

Secondary Action
Secondary action adalah gerakan gerakan tambahan yang dimaksudkan untuk memperkuat gerakan utama supaya sebuah animasi tampak lebih realistic. Secondary action tidak dimaksudkan untuk men jadi pusat perhatian sehingga mengaburkan atau mengalihkan perhatian dari gerakan utaama. Kemunculan ini lebih berfungsi untuk memberikan penekanan untuk memperkuat gerakan utama. Misalnya: tokoh sedang berjalan, ditekankan oleh secondary action melalui ayunan tangan, maupun siulan. 

Solid Drawing
Menggambar sebagai dasar utama animasi memegang peranan yang signifikan dalam menentukan baik proses maupun hasil sebuah animasi, terutama animasi klasik. Seorang  animator harus memiliki kepekaan terhadap anatomi, komposisi, berat, keseimbangan, pencahayaan, dan banyak lainnya yang dapat dilatih melalui serangkaian observasi dan pengamatan, dimana dalam observasi tersebut salahs atu yang harus dilakukan adlaah: menggambar. Sekalipun kemampuan menggambar sekarang ini sudah bisa digantikan oleh teknologi, seperti computer, tetapi dengan pemahaman dasar menggambar akan menghasilkan animasi yang lebih peka. 

Appeal
Appeal berkaitan dengan keseluruhan look atau gaya visual dalam animasi. Sebagaimana gambar yang telah menelurkan banyak gaya, animasi dan ber-animasi juga memiliki gaya yang sangat beragam. Sebagai contoh, anda tentu bisa mengindentifikasi gaya animasi buatan Jepang dengan hanya melihat sekilas. Anda juga bisa memiliki appeal atau gaya tertentu.

Ada juga yang berpendapat bahwa appeal adalah penokohan, berkolerasi dengan karisma seorang tokoh atau karakter animasi. Jadi, meskipun tokoh utama dari sebuah animasi adalah monster, demit, siluman, atau karakter jelek lainnya tetapi tetap bisa appealing. 



Prinsip animasi ini menjadi dasar para bagi animator dalam penciptaan kreasi. Semakin professional seorang animator dalam menguasai, mengoptimalkan, dan mengeksplorasi kemampuan dirinya dalam membuat animasi keseluruhan, tentunya ide akan menjadi lebih  menarik dan tidak membosankan dengan adanya penerapan prinsip animasi, atau, dapat belajar dan menambah pengetahuan baru melalui kursus animator SAE, tentunya masih dalam lingkupan industry kreatif, termasuk prinsip penerapan animasi perfileman.

SAE Merupakan lembaga terkemuka didunia dalam industry pendidikan media kreatif. Mereka menawarkan program sertifikat, diploma, dan sarjana dalam disiplin Animasi, Audio, Film, dan Bisnis Musik. Gelar Sarjana SAE sudah divalidasi oleh Middlesex University London.

Comments

  1. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Beruntungnya Memilikimu, Ini 10 Lagu yang Menggambarkan Perasaanku

Siapa sangka dizaman semaju ini, bahkan anak sekolah dasar saja sudah mengenal cinta ataupun istilah pacaran di dunia mereka. Walau memang sekolah dasar aku juga sudah mulai tertarik dengan yang namanya lawan jenis, tapi semua berbeda dengan tahap yang memang seharusnya. Saat itu, masih sekolah menengah pertama ketika pertama kali aku melirikmu, walau hanya dengan tatapan sekilas tapi aku tak pernah tahu ternyata kamu bukan cinta monyetku. Seiring dengan waktu, aku hanya merasa bahwa kamu milikku. Tak pernah tahu nyata atau tidak,  indah atau tidak, jelas atau buram, hanya saja hati selalu berkata bahwa kita memang selalu satu. Tatapan yang berbeda hari demi hari menunjukkan adanya sinar menuju arah terang yang membuatku selalu merasa berbunga setiap hari, dengan hayalan dan imajinasi nan tinggi yang selalu aku asah setiap hari. Tak tahukah kamu,  10 lagu ini akan selalu mengingatkan hatiku pada dirimu : Nothings  Gonna Change sversinya westlife yang feat de...

Pengalaman Pertama Demo Teaching: It was Fun!

Saya selalu percaya bahwa hidup kita Cuma sekali. Isilah dengan hal positive sebanyak yang kamu bisa. Apalagi jika orangtuamu memberikan kebebasan dengan istilah “bebas bertanggungjawab” (jika kamu pernah dengar istilah ini berarti main kamu udah cukup jauh); maka manfaatkanlah itu, lebarkanlah sudut pandangmu, dan bertemanlah, lalu mendengarlah, sebanyak yang kamu bisa lakukan. Hal positive yang dapat saya lakukan hari ini adalah demo teaching. Yey! Saya tamat dengan background titel kesehatan. Bahkan saya belum pernah mengajar kelas sebelumnya. Pernahnya ngajar namun hanya face to face; eyes to eyes (kelas private). Dalam hal mengajar tentu berbeda rasanya jika mengajar dengan kelas yang ramai, dibandingkan dengan mengajar hanya 1 atau 2 murid, yang biasanya akan lebih dekat dan pendekatan lebih intens. sumber: google Dengan ilmu yang lupa-lupa ingat. Tapi tentunya saya belajar dong sebelum demo teaching. Saya ga akan biarkan diri saya kelak memberikan informasi yang s...

Pengalaman Join TOASTMASTER

Saya rasa teman- teman sekalian sudah pernah dengar ya tentang Toastmaster. Tapi kali ini saya akan menceritakan ulang taaupun menjelaskan kembali apa yang saya tahu dari sudut pandang yang saya miliki. Toastmaster adalah sebuah club internasional yang berada hampir dibeberapa negara besar, dan juga dikota-kota besar disebuah negara tersebut. Toastmaster juga dikenal sebagai organisasi nirlaba Internasional yang berasal dari Amerika Serikat dengan misi utama menyiapkan lingkungan dan situasi belajar yang positif dan menunjang pengembangan kemampuan komunikasi dan kepemimpinan para anggota yang berada didalamnya. Nah, berhubung saya dimedan, jadi saya ceritakan tentang kota ini saja ya. Nah di medan ini ada beberapa club toastmaster, walau saya belum tahu semua namanya, namun akan saya sebutkan beberapa, seperti: Medan First, Titanium, Phoenix, Medan Miracle Pidato Club, Polonia Toastmaster Club, dan mungkin ada lainnya tapi saya tidak tahu. Tiap-tiap club ini ada yang memiliki...