Skip to main content

Jalan Ke Kota Tua? Jangan beli minum Sembarangan!


Sudah pernah ke kota tua belum? Saya sudah! Sudah sekali, doang. Kota tua Jakarta juga dikenal dengan sebutan Batavia lama, sebuah wilayah kecil dijakarta, Indonesia. Pada awalnya, kota Tua merupakan kawasan yang dibangun colonial Belanda sebagai pusat perdagangan di iAsia. Kota Jakarta yang saat itu dikenal dengan nama Batavia menjadi kawasan pusat perdagangan dari maupun keluar negri lewat jalur pelayaran.

Apa saja yang dijumpai di kota tua? Banyak! Wisata kuliner juga cukup banyak ditemukan didaerah sekitar. Berdekatan dengan kota tua, kita bisa sekalian mengunjungi Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri, Museum Wayang, Batavia Café, Museum Fatahillah, dan banyak lainnya.

Lalu bagaimana dengan kondisi cuaca? Tentunya panas, jika musimnya. Dan seperti biasanya, penjual minuman juga banyak dimana-mana. Beberapa pedagang membawa minuman dingin dengan berbagai jenis rasa dan berbagai jenis warna, jika dilihat-lihat, tentunya kita sudah merasa biasa, lalu seorang teman celetuk mengingatkan: “Kalau entar kamu haus, jangan beli minuman disini, baik yang dingin maupun air mineral biasa”, sahutnya.

“emang kenapa?” Biasanya saya percaya minuman mineral dimana saja, dengan persepsi minuman mineral tidak dikotak-katik oleh penjual, teryata saya salah. “Ga juga, aku juga kemarin beli mineral karena cukup dipercaya, eh waktu dibeli taunya  minuman mineralnya udah kebuka dari segelnya, kayaknya udah di isi ulang gitu sih gatau pakai air apa, ya karena haus aku minum aja”, loh?

Image result for drink

Lalu  kami berlanjut berjalan menyusuri dan menikmati daerah sekitar. Ingin rasanya bermain sepeda dan memakai topi dikepala, sayangnya pakaian yang tidak sesuai tidak  memungkinkan menggunakan sepeda untuk membantu mempercantik poto-poto dilokasi sekitar. Selesai sudah, kami lanjut  berjalan kearah pulang, sambil mencari halte terdekat, kami berjalan dipinggiran. Dekat trotoar, tentunya. Tidak jauh dari lokasi berpoto, kira kira 100 meter, saya melihat seorang bapak, seorang ibu, dan anak kecil di pinggiran dan sedang mempersiapkan minuman berwarna yang dijual dikota tua yang sudah dilewati tadi. Minuman berwarna sudah terisi setengah, tinggal ditambah dengan bongkahan es batu agar terlihat segar, hanya saja saya menjadi terstigma karena info yang diberikan teman saya sebelumnya seperti langsung terbukti begitu saja.

Tidak jauh dari lokasi keluarga kecil tersebut terdapat air yang berjatuhan dari genteng, mungkin air hujan, atau air entah dari mana,  yang membuat saya berfikir apa airnya diambil dari situ ya? Karena tempat pembuatannya juga di pinggir-pinggir dekat selokan dan lokasinya berbau kurang sedap. Bayangkan saja jika ada yang dengan mudahnya percaya dan membeli minuman air yang tidak jelas dari mana.

Image result for drink

Sungguh sangat disarankan agar tidak membeli minuman ataupun makanan yang terlihat kurang meyakinkan, jika memang merasa kehausan, terdapat mini market terdekat dan lebih baik dan lebih dipercaya untuk berbelanja disana. Dari pada harus merasakan sakit perut karena kebersihan yang tidak jelas, lebih baik dihindari saja bukan? Atau, jangan lupa bawa sendiri dari rumah ya!

Comments

Popular posts from this blog

Beruntungnya Memilikimu, Ini 10 Lagu yang Menggambarkan Perasaanku

Siapa sangka dizaman semaju ini, bahkan anak sekolah dasar saja sudah mengenal cinta ataupun istilah pacaran di dunia mereka. Walau memang sekolah dasar aku juga sudah mulai tertarik dengan yang namanya lawan jenis, tapi semua berbeda dengan tahap yang memang seharusnya. Saat itu, masih sekolah menengah pertama ketika pertama kali aku melirikmu, walau hanya dengan tatapan sekilas tapi aku tak pernah tahu ternyata kamu bukan cinta monyetku. Seiring dengan waktu, aku hanya merasa bahwa kamu milikku. Tak pernah tahu nyata atau tidak,  indah atau tidak, jelas atau buram, hanya saja hati selalu berkata bahwa kita memang selalu satu. Tatapan yang berbeda hari demi hari menunjukkan adanya sinar menuju arah terang yang membuatku selalu merasa berbunga setiap hari, dengan hayalan dan imajinasi nan tinggi yang selalu aku asah setiap hari. Tak tahukah kamu,  10 lagu ini akan selalu mengingatkan hatiku pada dirimu : Nothings  Gonna Change sversinya westlife yang feat dengan Diana ros

Pengalaman Pertama Demo Teaching: It was Fun!

Saya selalu percaya bahwa hidup kita Cuma sekali. Isilah dengan hal positive sebanyak yang kamu bisa. Apalagi jika orangtuamu memberikan kebebasan dengan istilah “bebas bertanggungjawab” (jika kamu pernah dengar istilah ini berarti main kamu udah cukup jauh); maka manfaatkanlah itu, lebarkanlah sudut pandangmu, dan bertemanlah, lalu mendengarlah, sebanyak yang kamu bisa lakukan. Hal positive yang dapat saya lakukan hari ini adalah demo teaching. Yey! Saya tamat dengan background titel kesehatan. Bahkan saya belum pernah mengajar kelas sebelumnya. Pernahnya ngajar namun hanya face to face; eyes to eyes (kelas private). Dalam hal mengajar tentu berbeda rasanya jika mengajar dengan kelas yang ramai, dibandingkan dengan mengajar hanya 1 atau 2 murid, yang biasanya akan lebih dekat dan pendekatan lebih intens. sumber: google Dengan ilmu yang lupa-lupa ingat. Tapi tentunya saya belajar dong sebelum demo teaching. Saya ga akan biarkan diri saya kelak memberikan informasi yang s

Pengalaman Join TOASTMASTER

Saya rasa teman- teman sekalian sudah pernah dengar ya tentang Toastmaster. Tapi kali ini saya akan menceritakan ulang taaupun menjelaskan kembali apa yang saya tahu dari sudut pandang yang saya miliki. Toastmaster adalah sebuah club internasional yang berada hampir dibeberapa negara besar, dan juga dikota-kota besar disebuah negara tersebut. Toastmaster juga dikenal sebagai organisasi nirlaba Internasional yang berasal dari Amerika Serikat dengan misi utama menyiapkan lingkungan dan situasi belajar yang positif dan menunjang pengembangan kemampuan komunikasi dan kepemimpinan para anggota yang berada didalamnya. Nah, berhubung saya dimedan, jadi saya ceritakan tentang kota ini saja ya. Nah di medan ini ada beberapa club toastmaster, walau saya belum tahu semua namanya, namun akan saya sebutkan beberapa, seperti: Medan First, Titanium, Phoenix, Medan Miracle Pidato Club, Polonia Toastmaster Club, dan mungkin ada lainnya tapi saya tidak tahu. Tiap-tiap club ini ada yang memiliki