Skip to main content

Ka-Ka-eN?

Kuliah Kerja Nyata atau yang sering disebut dengan KKN adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mewajibkan setiap perguruan tinggi untuk melaksanakan KKN sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri dharma perguruan tinggi yaitu: pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.


                                             

KKN tersebut mulai diadakan kembali oleh universitas saya pada tahun ini, 2015 setelah mendengar kegiatan tersebut sempat dihentikan pada beberapa tahun yang lalu. Tujuan dari kegiatan nyata ini adalah untuk lebih membangkitkan rasa kepekaan dan kepedulian para mahasiswa akan keadaan sesungguhnya di luar sana. Karena ini adalah tahun pertama dibuka kembali, jadi semua mahasiswa du universitas yang saya diami tidak diwajibkan untuk mengikutinya, karena seolah-olah dapat dikatakan ini seperti mengulang dari awal kembali. Sebenarnya kegiatan ini adalah sebuah kegiatan pengabdian masyarakat, kegiatan yang mulia dimana hal yang akan dilakukan juga pada akhirnya adalah untuk masyarakat juga.

Karena tidak terlalu paham akan KKN ini membuat saya untuk tidak terlalu banyak mengomentari hal yang terjadi, disamping saya juga tidak terjun dalam KKN, dan juga untuk mencegah pihak-pihak yang lebih mengetahui hal tersebut dan mencegah terjadinya percekcokan dan salah paham. Namun disini saya hanya menceritakan hal-hal yang saya perhatikan terhadap teman-teman saya. Di fakultas saya, khususnya teman yang berada satu kelas dengan saya cukup banyak yang mengikuti program KKN ini. Pada awalnya mereka mengatakan akan free ongkos saja sekitaran 400k, namun sekarang saya tidak mengetahui kabar lebih lanjutnya, mungkin jadi all free atau entah bagaimana. Melihat mereka dengan repotnya menyiapkan ini dan itu, segala keperluan-keperluan yang nantinya disana, karena mereka juga diajarkan untuk tidak terlalu bergantung kepada warga. 

Bekerja untuk orang lain bagi beberapa orang adalah hal yang mulia, ada juga yang mengangapnya sebagai beban. Itu semua sebenarnya cukup membuat prediksi hasil yang dikerjakan baik atau tidak.. Sebelum berangkat ke kota yang teman-teman saya mengadakan KKN, hampir semua dari mereka update akan situasi keadaan sebelum berangkat. Semuanya menggunakan seragam dan topi yang berwarna sama, dan juga segala barang-barang yang melebihi berangkat ke Jakarta hanya dalam waktu 3 hari (Well, sebenarnya mereka juga disana hampir sebulan) . Sebenarnya hal ini cukup lucu. Ya, mungkin memang karena saya tidak mengalaminya, tentu, tapi sebenarnya saya tidak memiliki niat untuk menjelek-jelekkan sekalipun. 

Buat para teman-teman sekalian yang sudah berangkat menuju kota tsb kemarin pagi, bersiaplah turun dan terjun ke dunia yang sebenarnya. Saya yakin satu hal, bahwa apa yang kalian rasakan nantinya disana akan sangat berguna ketika kalian pulang. Paling tidak, itu akan mengubah cara pandang kalian terhadap kehidupan. Selamat berjuang teman-teman. Dedikasikanlah segala apa yang kalian miliki. Mari memberi dan berbagi dengan ikhlas. Semangat! :)

Comments

Popular posts from this blog

Beruntungnya Memilikimu, Ini 10 Lagu yang Menggambarkan Perasaanku

Siapa sangka dizaman semaju ini, bahkan anak sekolah dasar saja sudah mengenal cinta ataupun istilah pacaran di dunia mereka. Walau memang sekolah dasar aku juga sudah mulai tertarik dengan yang namanya lawan jenis, tapi semua berbeda dengan tahap yang memang seharusnya. Saat itu, masih sekolah menengah pertama ketika pertama kali aku melirikmu, walau hanya dengan tatapan sekilas tapi aku tak pernah tahu ternyata kamu bukan cinta monyetku. Seiring dengan waktu, aku hanya merasa bahwa kamu milikku. Tak pernah tahu nyata atau tidak,  indah atau tidak, jelas atau buram, hanya saja hati selalu berkata bahwa kita memang selalu satu. Tatapan yang berbeda hari demi hari menunjukkan adanya sinar menuju arah terang yang membuatku selalu merasa berbunga setiap hari, dengan hayalan dan imajinasi nan tinggi yang selalu aku asah setiap hari. Tak tahukah kamu,  10 lagu ini akan selalu mengingatkan hatiku pada dirimu : Nothings  Gonna Change sversinya westlife yang feat dengan Diana ros

Pengalaman Pertama Demo Teaching: It was Fun!

Saya selalu percaya bahwa hidup kita Cuma sekali. Isilah dengan hal positive sebanyak yang kamu bisa. Apalagi jika orangtuamu memberikan kebebasan dengan istilah “bebas bertanggungjawab” (jika kamu pernah dengar istilah ini berarti main kamu udah cukup jauh); maka manfaatkanlah itu, lebarkanlah sudut pandangmu, dan bertemanlah, lalu mendengarlah, sebanyak yang kamu bisa lakukan. Hal positive yang dapat saya lakukan hari ini adalah demo teaching. Yey! Saya tamat dengan background titel kesehatan. Bahkan saya belum pernah mengajar kelas sebelumnya. Pernahnya ngajar namun hanya face to face; eyes to eyes (kelas private). Dalam hal mengajar tentu berbeda rasanya jika mengajar dengan kelas yang ramai, dibandingkan dengan mengajar hanya 1 atau 2 murid, yang biasanya akan lebih dekat dan pendekatan lebih intens. sumber: google Dengan ilmu yang lupa-lupa ingat. Tapi tentunya saya belajar dong sebelum demo teaching. Saya ga akan biarkan diri saya kelak memberikan informasi yang s

Pengalaman Join TOASTMASTER

Saya rasa teman- teman sekalian sudah pernah dengar ya tentang Toastmaster. Tapi kali ini saya akan menceritakan ulang taaupun menjelaskan kembali apa yang saya tahu dari sudut pandang yang saya miliki. Toastmaster adalah sebuah club internasional yang berada hampir dibeberapa negara besar, dan juga dikota-kota besar disebuah negara tersebut. Toastmaster juga dikenal sebagai organisasi nirlaba Internasional yang berasal dari Amerika Serikat dengan misi utama menyiapkan lingkungan dan situasi belajar yang positif dan menunjang pengembangan kemampuan komunikasi dan kepemimpinan para anggota yang berada didalamnya. Nah, berhubung saya dimedan, jadi saya ceritakan tentang kota ini saja ya. Nah di medan ini ada beberapa club toastmaster, walau saya belum tahu semua namanya, namun akan saya sebutkan beberapa, seperti: Medan First, Titanium, Phoenix, Medan Miracle Pidato Club, Polonia Toastmaster Club, dan mungkin ada lainnya tapi saya tidak tahu. Tiap-tiap club ini ada yang memiliki