Skip to main content

Insan yang Murni dan Tak Bersalah

Ibu adalah sosok yang paling di muliakan di bumi, yang biasanya menjadi sosok yang akan selalu dibanggakan dibanding Ayah, dikarenakan semua jasanya yang sungguh luar biasa, segala cinta dan kasih sayang yang tak akan pernah ada habisnya.

Dizaman yang sekarang ini, sosok Ibu telah mengalami pergeseran yang terkadang hampir diluar batasan. Baik Ibu yang telah menjadi seorang pekerja seutuhnya, baik itu Ibu yang menjadikan suaminya sebagai Bapak rumah tangga, atau Ibu yang memperdayakan anaknya sendiri sebagai penghasil duit untuk dirinya dan keluarganya.

Ini bukanlah sebuah karangan biasa, sebuah kisah cerita yang mungkin masih banyak yang mengira bahwa ini adlah fiktif belaka, namun tidak, ini adalah sebuah kisah nyata, yang tidak bisa mereka ceritakan, karena mereka yang masih tidak tahu apa-apa soal kehidupan.

Ibu yang memperdayakan anak dijadikan tambang duit adalah Ibu yang tidak tahu malu, Mungkin sedikit kasar, tapi bagi saya Ibu yang sesungguhnya tidak akan sanggup merelakan anak-nya melakukan hal yang seperti itu.

Kisah Pertama

Saat saya berada disebuah tempat makan yang berada disekitaran jalan sisingamangaraja, Medan. Seorang anak datang menghampiri meja saya yang kebetulan saat itu saya sedang makan malam dengan kakak perempuan saya. Dengan rasa Iba, kami melihat seorang anak laki-laki yang sedang berjualan keripik dan menawarkannya disetiap sisi meja yang ada. Karena perasan tersebut, maka kami pun membeli tiga buah keripik yang berada ditangannya lalu membayar sebesar Rp. 10.000,- ; tidak sampai disitu, kami mengamati anak tersebut berjalan keluar, dengan kagetnya kami melihat dia menghampiri seorang wanita dan memberikan duit sepuluh ribu hasil jualan tiga keripik tersebut. Saat dia kembali menuju tempat makan dan menawarkan jualan, saya sejenak memberhentikannya lalu bertanya, "adik yang diujung sana tadi siapa? Ibu ya?" lalu dia menjawab  "iya" dan seketika saya merasa sangat kecewa.


Kisah Kedua
Saya berada di pinggir jalan sekitaran dokter mansyur, Medan, sedang menunggu angkutan saya datang. Sembari menunggu, lewatlah seorang Ibu dan anak perempuannya, mereka berdua bergandengan tangan dan sedang meminum es kolak dingin. Ketika Ibu dan anak tersebut sudah dekat di sebuah tempat makan jalanan, anak dan Ibu yag tadinya bersama sekejap lalu berpencar satu dan lainya. Ibu tetap berjalan lurus, sang anak membelokkan langkahnya dan menuju para pengunjung yang sedang meminum-minuman dingin di tongkrongan pinggir jalan tersebut, sembari meminta-minta. Rasanya ingin sekali menegur Ibu tersebut yang membiarkan anak-nya meminta -minta dan dia hanya berjalan lurus dan menunggu anaknya diujung jalan. Saya hanya heran mengapa ada Ibu yang masih sanggup melakukan dan mengajarkan hal yang tidak layak seperti itu kepada anak-nya.

Dua kisah diatas hanyalah beberapa dari sekian banyak yang sering saya jumpai. Hanya tidak pernah berhenti bertanya sampai kapan mereka akan berhenti menyiksa anak mereka seperti itu. Masa kecil adalah masa yang seharusnya ditanamkan sebuah memori indah, ajaran yang baik, mendidik, mengembangkan mereka dengan segala hal-hal baik dan positif agar kelak saat besar nanti mereka akan siap dan mampu menjadi penerus bangsa yang kuat. Doa yang tidak akan pernah habis, untuk mereka anak-anak yang tidak berdosa. Biarlah kiranya mereka, para orangtua yang melakukan tindakan yang sama dapat berhenti sekarang juga. Kasihanilah anak anda, bimbinglah mereka, karena Tuhan menitipkan anak bukan untuk anda jadikan budak.

Comments

Popular posts from this blog

Beruntungnya Memilikimu, Ini 10 Lagu yang Menggambarkan Perasaanku

Siapa sangka dizaman semaju ini, bahkan anak sekolah dasar saja sudah mengenal cinta ataupun istilah pacaran di dunia mereka. Walau memang sekolah dasar aku juga sudah mulai tertarik dengan yang namanya lawan jenis, tapi semua berbeda dengan tahap yang memang seharusnya. Saat itu, masih sekolah menengah pertama ketika pertama kali aku melirikmu, walau hanya dengan tatapan sekilas tapi aku tak pernah tahu ternyata kamu bukan cinta monyetku. Seiring dengan waktu, aku hanya merasa bahwa kamu milikku. Tak pernah tahu nyata atau tidak,  indah atau tidak, jelas atau buram, hanya saja hati selalu berkata bahwa kita memang selalu satu. Tatapan yang berbeda hari demi hari menunjukkan adanya sinar menuju arah terang yang membuatku selalu merasa berbunga setiap hari, dengan hayalan dan imajinasi nan tinggi yang selalu aku asah setiap hari. Tak tahukah kamu,  10 lagu ini akan selalu mengingatkan hatiku pada dirimu : Nothings  Gonna Change sversinya westlife yang feat dengan Diana ros

Pengalaman Pertama Demo Teaching: It was Fun!

Saya selalu percaya bahwa hidup kita Cuma sekali. Isilah dengan hal positive sebanyak yang kamu bisa. Apalagi jika orangtuamu memberikan kebebasan dengan istilah “bebas bertanggungjawab” (jika kamu pernah dengar istilah ini berarti main kamu udah cukup jauh); maka manfaatkanlah itu, lebarkanlah sudut pandangmu, dan bertemanlah, lalu mendengarlah, sebanyak yang kamu bisa lakukan. Hal positive yang dapat saya lakukan hari ini adalah demo teaching. Yey! Saya tamat dengan background titel kesehatan. Bahkan saya belum pernah mengajar kelas sebelumnya. Pernahnya ngajar namun hanya face to face; eyes to eyes (kelas private). Dalam hal mengajar tentu berbeda rasanya jika mengajar dengan kelas yang ramai, dibandingkan dengan mengajar hanya 1 atau 2 murid, yang biasanya akan lebih dekat dan pendekatan lebih intens. sumber: google Dengan ilmu yang lupa-lupa ingat. Tapi tentunya saya belajar dong sebelum demo teaching. Saya ga akan biarkan diri saya kelak memberikan informasi yang s

Pengalaman Join TOASTMASTER

Saya rasa teman- teman sekalian sudah pernah dengar ya tentang Toastmaster. Tapi kali ini saya akan menceritakan ulang taaupun menjelaskan kembali apa yang saya tahu dari sudut pandang yang saya miliki. Toastmaster adalah sebuah club internasional yang berada hampir dibeberapa negara besar, dan juga dikota-kota besar disebuah negara tersebut. Toastmaster juga dikenal sebagai organisasi nirlaba Internasional yang berasal dari Amerika Serikat dengan misi utama menyiapkan lingkungan dan situasi belajar yang positif dan menunjang pengembangan kemampuan komunikasi dan kepemimpinan para anggota yang berada didalamnya. Nah, berhubung saya dimedan, jadi saya ceritakan tentang kota ini saja ya. Nah di medan ini ada beberapa club toastmaster, walau saya belum tahu semua namanya, namun akan saya sebutkan beberapa, seperti: Medan First, Titanium, Phoenix, Medan Miracle Pidato Club, Polonia Toastmaster Club, dan mungkin ada lainnya tapi saya tidak tahu. Tiap-tiap club ini ada yang memiliki